Keterampilan menyelesaikan aritmatika sosial dan membaca paragraf faktual siswa Kelas 7 SMP Negeri 63 Batam

Rismaini, Rivai and Nur, Okni Oktavia (2023) Keterampilan menyelesaikan aritmatika sosial dan membaca paragraf faktual siswa Kelas 7 SMP Negeri 63 Batam. Jurnal PEMBAHAS: Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2 (3): 10. pp. 379-390. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_2_3_2023-10.pdf]
Preview
Text
2809-5367_2_3_2023-10.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan aritmetika sosial; 2) sama-tidaknya keterampilan aritmetika sosial; 3) keterampilan membaca paragraf faktual; 4) sama-tidaknya keterampilan membaca paragraf faktual; 5) hubungan antara keterampilan menyelesaikan soal aritmetika sosial dan keterampilan membaca paragraf faktual. Penelitian dilaksanakan di semester genap 2022/2023. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 7 SMP Negeri 63 Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Populasi berjumlah 237 siswa yakni para siswa yang mengikuti 2 jenis tes. Jumlah ini terbagi dari 40 siswa kelas 7.1, 39 siswa kelas 7.2, 40 siswa kelas 7.3, 39 siswa kelas 7.4, 39 siswa kelas 7.5, dan 40 siswa kelas 7.6. Sampel ditetapkan 144 yang ditarik secara random dari setiap kelompok populasi; setiap kelas berjumlah sampel yang sama yakni 24 siswa yang ditarik secara random sederhana dari setiap anggota populasi. Instrumen penelitian berbentuk tes esai untuk data keterampilan arimatika sosial dan tes kloz untuk data keterampilan membaca paragraf faktual. Data dianalisis menggunakan prosedur statistik inferensial yakni uji t satu sampel untuk menjawab rumusan masalah-1 dan rumusan masalah-3, uji Anova searah untuk menjawab rumusan masalah-2 dan rumusan masalah-4, dan uji korelasi product-moment untuk menjawab rumusan masalah-5. Semua penghitungan statistik inferensial parametrik menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini menghasilkan: 1) keterampilan aritmatika sosial tuntas mencapai KKM 70,00; 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan aritmetika sosial per kelompok sampel; 3) keterampilan membaca paragraf faktual mencapai KKM 70,00; 4) tidak terdapat perbedaan keterampilan membaca paragraf faktual per kelompok sampel; 5) hubungan antara keterampilan menyelesaikan soal aritmetika sosial dan keterampilan membaca paragraf faktual menghasilkan nilai r = 0,823 (hubungan tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyelesaikan soal, Aritmatika sosial, Paragraf faktual. Study skills, Arithmetic , Text structure.
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:10
Last Modified: 13 Nov 2023 06:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/24132

Actions (login required)

View Item
View Item