Hubungan kedisiplinan belajar dengan kemampuan penalaran matematis siswa materi bangun datar

Elvionita, Rusma and Vidya, Setyaningrum (2024) Hubungan kedisiplinan belajar dengan kemampuan penalaran matematis siswa materi bangun datar. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 24. pp. 1291-1302. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-24.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara disiplin pendidikan dan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas V SDN 09 Pontianak Timur terhadap materi bangundatar. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian asosiatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dalam hal ini variabel disiplin belajar dan variabel kemampuan penalaran matematis Siswa kelas V mengalami kesulitan dalam penerapan konsep pecahan, kesulitan berhitung, dan kesulitan memahami konsep matematika. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Studi ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan sampel 36 siswa. Data dikumpulkan melalui tes penalaran matematis dan angket untuk mengukur kedisiplinan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara disiplin belajar dan kemampuan penalaran matematis, yang berarti bahwa siswa dengan disiplin belajar yang lebih baik cenderung memiliki kemampuan penalaran matematis yang lebih baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan disiplin belajar mengarah pada peningkatan kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan belajar, Kemampuan penalaran matematis, Pendidikan matematika, Strategi pembelajaran, Evaluasi pembelajaran
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:41
Last Modified: 20 Oct 2024 04:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49115

Actions (login required)

View Item
View Item