Wenny, Safitri and Rika, Wahyuni and Rien, Anitra (2024) Pengaruh model Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SDN 3 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 23. pp. 1281-1290. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-23.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (244kB)
Abstract
Diantara tantangan pada proses kegiatan belajar matematika adalah rendahnya pemahaman konsep matematis pada siswa, yang bisa dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton atau kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan guna: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom; (3) Mengetahui aktivitas siswa saat diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Post-Test Only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Singkawang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, ujit dua sampel, Effect Size, dan persentase aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung. Perbedaan tersebut ditandai dengan nilai
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Kemampuan pemahaman konsep matematis, Aktivitas, Pemahaman konsep, Pembelajaran matematika, Metode pengajaran |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 04:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 04:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49110 |