Pengaruh model Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SDN 3 Singkawang

Wenny, Safitri and Rika, Wahyuni and Rien, Anitra (2024) Pengaruh model Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SDN 3 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 23. pp. 1281-1290. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-23.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-23.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (244kB)

Abstract

Diantara tantangan pada proses kegiatan belajar matematika adalah rendahnya pemahaman konsep matematis pada siswa, yang bisa dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton atau kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan guna: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom; (3) Mengetahui aktivitas siswa saat diterapkannya model pembelajaran Flipped Classroom. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Post-Test Only. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Singkawang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, ujit dua sampel, Effect Size, dan persentase aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara siswa yang diterapkan model pembelajaran Flipped Classroom dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung. Perbedaan tersebut ditandai dengan nilai

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Kemampuan pemahaman konsep matematis, Aktivitas, Pemahaman konsep, Pembelajaran matematika, Metode pengajaran
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:38
Last Modified: 20 Oct 2024 04:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49110

Actions (login required)

View Item
View Item