Meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang menggunakan discovery learning berbantuan LKS

Beni, Setiawan and Nurapni, Sopia and Andri, Andri and Olenggius, Jiran Dores and Ahmad, Supendi and Martinus, Viensius Merayang (2024) Meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang menggunakan discovery learning berbantuan LKS. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 22. pp. 1269-1280. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-22.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Satap Ketungau Tengah yang rendah. Penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS merupakan salah satu alternatif penelitian yang digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan, peningkatan hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap Discovery Learning Model berbantuan LKS pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, Lembar Kerja Siswa, soal tes, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS sangat baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS sebesar 15,23 kategori baik sekali yaitu dari rata-rata nilai siswa 65,58 pada siklus I menjadi 80,81 pada siklus II, dan respon siswa terhadap penerapan Discovery Learning Model adalah positif dengan kategori baik Dengan demikian, penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah pada materi bangun ruang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Discovery learning model berbantuan LKS, Bangun ruang, Pendidikan matematika, Metode pembelajaran
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:36
Last Modified: 20 Oct 2024 04:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49108

Actions (login required)

View Item
View Item