Liknin, Nugraheni and Sunyoto, Hadi Prayitno and Hanim, Faizah and Erlin, Ladyawati (2024) Pengembangan modul ajar "Mathpreneur" sebagai penguatan P5 pada implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 21. pp. 1259-1268. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (244kB)
Abstract
Modul ajar adalah rancangan pembelajaran atau perangkat yang disusun berdasarkan penerpan kurikulum di satuan pendidikan, bertujuan guna mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Terdapat hubungan yang erat antara Kurikulum dan pembelajaran, hal ini dikarenakan tujuan Kurikulum adalah untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pada Kurikulum Merdeka, pendidik dituntut dapat lebih inovatif dan kreatif dalam merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar "Mathpreneur" berbasis kurikulum merdeka pada materi yang Aritmatika Sosial kelas VIII SMP. Modul ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan metode pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Diperoleh modul ajar “Mathpreneur” yang peneliti kembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul ajar, Mathpreneur, Kemampuan matematika, ADDIE, Kurikulum merdeka, Pembelajaran aktif, Entrepreneurship, Pendidikan matematika |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 04:32 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 04:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49088 |