Pengembangan modul ajar "Mathpreneur" sebagai penguatan P5 pada implementasi kurikulum merdeka

Liknin, Nugraheni and Sunyoto, Hadi Prayitno and Hanim, Faizah and Erlin, Ladyawati (2024) Pengembangan modul ajar "Mathpreneur" sebagai penguatan P5 pada implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 21. pp. 1259-1268. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-21.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (244kB)

Abstract

Modul ajar adalah rancangan pembelajaran atau perangkat yang disusun berdasarkan penerpan kurikulum di satuan pendidikan, bertujuan guna mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Terdapat hubungan yang erat antara Kurikulum dan pembelajaran, hal ini dikarenakan tujuan Kurikulum adalah untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Pada Kurikulum Merdeka, pendidik dituntut dapat lebih inovatif dan kreatif dalam merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar "Mathpreneur" berbasis kurikulum merdeka pada materi yang Aritmatika Sosial kelas VIII SMP. Modul ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan metode pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Diperoleh modul ajar “Mathpreneur” yang peneliti kembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul ajar, Mathpreneur, Kemampuan matematika, ADDIE, Kurikulum merdeka, Pembelajaran aktif, Entrepreneurship, Pendidikan matematika
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:32
Last Modified: 20 Oct 2024 04:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49088

Actions (login required)

View Item
View Item