Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap self regulated learning dan self confidence siswa

Syahrul, Gunawan and Nanang, Supriadi and Rizki, Wahyu Yunian Putra (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap self regulated learning dan self confidence siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 20. pp. 1247-1258. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-20.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (648kB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi dampak keterampilan pemecahan masalah matematis terhadap regulasi diri dan kepercayaan diri siswa. Selain itu, artikel ini berupaya memberikan wawasan kepada para pendidik mengenai korelasi langsung antara pembelajaran mandiri, rasa percaya diri, dan kemahiran siswa dalam pemecahan masalah matematis di ruang kelas. Penelitian dilakukan di pada siswa kelas VIII di kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Besar sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin sebanyak 117 siswa kelas VIII. Sampel diambil dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket self-regulated learning dan kepercayaan diri serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: 1) adanya korelasi yang signifikan antara self-regulated learning dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) adanya hubungan yang penting antara kepercayaan diri dan kemampuan pemecahan masalah matematika, 3) adanya hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dan self-solving pada aspek kepercayaan diri, dan 4) hubungan yang patut diperhatikan antara pengaturan diri dalam self-regulated learning.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematika, Self-regulated learning, Self-confidence, Pendidikan matematika, Psikologi pendidikan, Kognisi siswa
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:29
Last Modified: 20 Oct 2024 04:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49084

Actions (login required)

View Item
View Item