Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan teori Pirie-Kieren dalam pembelajaran Merdeka Belajar

Nurul, Intan Zaqya and Nurul, Anriani (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menerapkan teori Pirie-Kieren dalam pembelajaran Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 19. pp. 1233-1246. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-19.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara analitis atau spesifik mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan teori Pirie-Kieren dalam pembelajaran Merdeka Belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jumlah sampel awal sebanyak 30 siswa kelas VII di SMPN 1 Pandeglang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara semi terstruktur. Berdasarkan hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah menunjukkan bahwa 27% siswa dengan kategori tinggi, 40% siswa dengan kategori sedang, dan 33% siswa dengan kategori rendah. Siswa dengan kategori tinggi dapat memenuhi 4 tahapan pemecahan masalah yaitu memahami masalah; merencanakan penyelesaian; melaksanakan penyelesaian; memeriksa kembali dan telah memenuhi semua lapisan pemahaman yaitu Primitive Knowing; Image Making; Image Having; Property Noticing; Formalising; Observing; Structuring; dan Inventising. Siswa dengan kategori sedang dapat memenuhi 3 tahapan yaitu memahami masalah; merencanakan penyelesaian; melaksanakan penyelesaian dan memenuhi 6 lapisan pemahaman yaitu Primitive Knowing; Image Making; Image Having; Property Noticing; Formalising; Observing. Siswa dengan kategori rendah hanya memenuhi 2 tahapan memahami masalah; melaksanakan penyelesaian dan hanya memenuhi 3 lapisan pemahaman yaitu Primitive Knowing; Image Making; Property Noticing.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, Merdeka belajar, Teori Pirie-Kieren, Teori belajar, Pendidikan matematika, Metode pengajaran
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:26
Last Modified: 20 Oct 2024 04:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49081

Actions (login required)

View Item
View Item