Safira, Putri Ramadhani and Pradnyo, Wijayanti (2024) Literasi matematika siswa SMA dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 18. pp. 1223-1232. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (402kB)
Abstract
Literasi matematika merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa dalam menghadapi abad ke-21. Adapun program yang menilai literasi matematika siswa adalah PISA. Jika dibandingkan dengan konten PISA lainnya, hasil literasi matematika pada konten quantity masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini melibatkan siswa SMA kelas 10 sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah pada proses merumuskan, siswa mengidentifikasi aspek-aspek matematika dari permasalahan akan tetapi siswa tidak mengubah masalah menjadi bahasa matematika. Dalam proses menerapkan, siswa merancang dan menggunakan strategi untuk mendapatkan solusi dari permasalahan dan menerapkan fakta, aturan dan algoritma selama proses mencari solusi. Kemudian dalam proses menafsirkan, siswa menafsirkan penemuan hasil penyelesaian ke dalam permasalahan dan mengevaluasi kesesuaian hasil penyelesaian permasalahan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi matematika, PISA, Proses matematika, Quantity, Pendidikan matematika, Evaluasi pendidikan, Pemecahan masalah |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 04:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49078 |