Anggi, Adelia Putri and Pradnyo, Wijayanti (2024) Studi kasus: Literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 17. pp. 1211-1222. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (714kB)
Abstract
Literasi numerasi merupakan suatu kecakapan dan pengetahuan dalam menggunakan berbagai angka dan simbol matematika dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada abad 21. Upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi numerasi siswa salah satunya yaitu menggantikan Ujian Nasional menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tujuan peneelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan lliterasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek terdiri dari 3 siswa perempuan dan berasal dari sekolah yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes soal AKM, dokumentasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi pada siswa sudah cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan bahwa sudah memenuhi beberapa indikator literasi numerasi. Pada aspek komunikasi siswa sudah memenuhi indikator dapat menuliskan proses dalam mencapai solusi dengan lengkap dan benar serta dapat menyimpulkan hasil matematika dengan lengkap dan benar. Pada aspek kemampuan matematisasi siswa sudah memenuhi indikator yaitu dapat menggunakan pemahaman konteks untuk menyelesaikan masalah matematika dengan lengkap, namun pada aspek kemampuan representasi terdapat siswa yang masih kurang dalam merepresentasikan gambar/pola. Oleh karena itu, pada setiap pembelajaran guru dan siswa diharapkan banyak latihan soal dengan konteks sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi numerasi, Studi kasus, AKM, Pendidikan matematika, Studi kasus, Evaluasi pendidikan |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 04:19 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 04:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49076 |