Studi kasus: Literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM

Anggi, Adelia Putri and Pradnyo, Wijayanti (2024) Studi kasus: Literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 17. pp. 1211-1222. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-17.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (714kB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan suatu kecakapan dan pengetahuan dalam menggunakan berbagai angka dan simbol matematika dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada abad 21. Upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi numerasi siswa salah satunya yaitu menggantikan Ujian Nasional menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tujuan peneelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan lliterasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal AKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek terdiri dari 3 siswa perempuan dan berasal dari sekolah yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes soal AKM, dokumentasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi pada siswa sudah cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan bahwa sudah memenuhi beberapa indikator literasi numerasi. Pada aspek komunikasi siswa sudah memenuhi indikator dapat menuliskan proses dalam mencapai solusi dengan lengkap dan benar serta dapat menyimpulkan hasil matematika dengan lengkap dan benar. Pada aspek kemampuan matematisasi siswa sudah memenuhi indikator yaitu dapat menggunakan pemahaman konteks untuk menyelesaikan masalah matematika dengan lengkap, namun pada aspek kemampuan representasi terdapat siswa yang masih kurang dalam merepresentasikan gambar/pola. Oleh karena itu, pada setiap pembelajaran guru dan siswa diharapkan banyak latihan soal dengan konteks sehari-hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi numerasi, Studi kasus, AKM, Pendidikan matematika, Studi kasus, Evaluasi pendidikan
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:19
Last Modified: 20 Oct 2024 04:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49076

Actions (login required)

View Item
View Item