Pengembangan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa

Rotua, Simbolon and Lukman, El Hakim and Flavia, Aurelia Hidajat (2024) Pengembangan modul berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 15. pp. 1193-1200. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-15.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMA Santa Lusia Bekasi. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D). Model Reaserch and Development ini merupakan sebuah model pengembangan yang menggunakan masalah sebagai dasar utama untuk mendesain produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan tahun pelajaran 2023-2024 pada semester genap di kelas XI berjumlah 30 orang dalam analisis pendahuluan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes dan tes. Non tes terdiri dari: angket, wawancara, observasi dan studi dokumen sedangkan tes adalah berbentuk soal literasi matematika sebanyak 2 butir. Hasil penelitian pendahuluan menunjukan ada 83% guru mengajar masih bersifat konvensional, 70% guru mengajar masih seputar teori rumus belum sampai pada pembelajaran kontekstual. 77% menyatakan guru hanya masih menggunakan buku paket saat mengajar. Siswa dengan kemampuan literasi matematis tinggi sudah mampu mencapai keseluruhan indikator kemampuan literasi matematis yaitu indikator pemahaman, penerapan, penalaran dan komunikasi. Walaupun dalam proses penyelesaiannya ada beberapa kesalahan penulisan. Siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis sedang mampu memahami indikator pemahaman dan penerapan, namun masih tetap melakukan kesalahan-kesalahan teknis pada indikator tertentu yaitu penalaran dan komunikasi. Sedangkan siswa dengan kemampuan literasi matematis rendah hanya mampu memahami kemampuan literasi matematis pada indikator pemahaman. Hasil analisis kebutuhan ini perlu dilakukan penelitian lanjutan dalam pengembangan modul berbasis problem based learning (PBL).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul, PBL, Literasi, Modul pembelajaran, Pendidikan matematika, Metode pembelajaran
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 04:12
Last Modified: 20 Oct 2024 04:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49072

Actions (login required)

View Item
View Item