Imanuel, Yosafat Hadi Manapa and Petrus, Mau Tellu Dony and Wisye, Mariet R. Duka (2024) Perbandingan model pembelajaran PBL dan PBL yang dimodifikasi dengan pendekatan etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 12. pp. 1161-1170. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (282kB)
Abstract
Matematika dengan karakteristik abstraknya sangat membosankan bagi siswa. Selain itu, pendekatan pembelajaran matematika berbasis budaya atau etnomatematika masih belum digunakan. Rendahnya prestasi belajar matematika disebabkan oleh model yang digunakan oleh guru kurang memperhatikan fase perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan PBL yang dimodifikasi dengan pendekatan etnomatematika pada mata materi skala. Populasi penelitian ini berjumlah 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test dua sampel tidak berpasangan. M,Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 75,45 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 62. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh nilai
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Etnomatematika, Prestasi belajar siswa |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 03:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 03:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49064 |