Perbandingan model pembelajaran PBL dan PBL yang dimodifikasi dengan pendekatan etnomatematika

Imanuel, Yosafat Hadi Manapa and Petrus, Mau Tellu Dony and Wisye, Mariet R. Duka (2024) Perbandingan model pembelajaran PBL dan PBL yang dimodifikasi dengan pendekatan etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 12. pp. 1161-1170. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-12.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (282kB)

Abstract

Matematika dengan karakteristik abstraknya sangat membosankan bagi siswa. Selain itu, pendekatan pembelajaran matematika berbasis budaya atau etnomatematika masih belum digunakan. Rendahnya prestasi belajar matematika disebabkan oleh model yang digunakan oleh guru kurang memperhatikan fase perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan PBL yang dimodifikasi dengan pendekatan etnomatematika pada mata materi skala. Populasi penelitian ini berjumlah 42 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test dua sampel tidak berpasangan. M,Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 75,45 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 62. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh nilai

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Etnomatematika, Prestasi belajar siswa
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 03:51
Last Modified: 20 Oct 2024 03:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49064

Actions (login required)

View Item
View Item