Desy, Permana Sari and Mu’jizatin, Fadiana and Sumadi, Sumadi (2024) Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. 2684-7981 Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 11. pp. 1151-1160. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (591kB)
Abstract
Saat ini, banyak penelitian tentang pembelajaran matematika yang telah ditemukan dalam berbagai literatur yang didukung oleh penggunaan pembelajaran Realistic Mathematicss Education (RME). Studi meta-analisis ini bertujuan untuk menentukan pengaruh dan efek keseluruhan dari penggunaan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Pada studi ini menganalisis 13 jurnal yang terindeks SINTA dengan interval tahun 2019-2023. Data yang diambil pada penelitian ini sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang kemudian penelitian ini ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data yang digunakan menggunakan aplikasi software JASP versi 0.18.1.0 menunjukkan bahwa pembelajaran RME terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa secara keseluruhan memiliki pengaruh yang positif yang dimana didapatkan nilai Estimasi (ES) sebesar 0,736 atau 74% berdasarkan RE Models dapat dikategorikan pada kategori sedang, begitupula pada nilai p-value (egger’s test) yang sebesar 0.110 memberikan arti bahwa tidak terindikasi publication bias, hasil dari analisis variabel moderator juga dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematika siswa tepat digunakan pada jenjang SD dan SMP dengan nilai Estimasi (ES) dan RE Models masing-masing sebesar 0,637 atau 64% dan 0,782 atau 78% yang keduanya berada pada kategori sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RME, Meta-Analisis, Pemahaman konsep matematika, Pembelajaran matematika, Teori pendidikan, Pemecahan masalah |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 03:45 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 03:45 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49006 |