Analisis kemampuan pemecahan masalah tahapan Krulik dan Rudnick ditinjau dari kecerdasan logis matematis

Siti, Mustika Alfiani and Ilmiyati, Rahayu (2024) Analisis kemampuan pemecahan masalah tahapan Krulik dan Rudnick ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 10. pp. 1139-1150. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-10.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan Krulik dan Rudnick ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMPN 1 Pandeglang yang akan diklasifikasikan berdasarkan tingkat kecerdasan logis matematis. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 18,75% siswa kecerdasan logis matematis tinggi, terdapat 65,63% siswa kecerdasan logis matematis sedang, dan terdapat 15,63% siswa kecerdasan logis matematis rendah. Kemudian dari setiap kategori dipilih 3 siswa untuk dievaluasi kemampuan pemecahan masalah matematika serta diwawancarai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, subjek kecedasan logis matematis tinggi memenuhi lima tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, mencari jawaban, serta merefleksikan dan mengembangkan. Subjek kecerdasan logis matematis sedang memenuhi empat tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir, mengeksplorasi dan merencanakan, memilih strategi, serta mencari jawaban. Subjek kecerdasan logis matematis rendah memenuhi dua tahapan Krulik dan Rudnick yaitu membaca dan berpikir dan mengeksplorasi dan merencanakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, Kecerdasan logis matematis, Tahapan Krulik dan Rudnick, Pendidikan matematika, Teori belajar, Kognisi
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 03:29
Last Modified: 20 Oct 2024 03:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49005

Actions (login required)

View Item
View Item