Alda, Aprillia and Muchtadi, Muchtadi and Reni, Astuti (2024) Pengembangan media pembelajaran powtoon pada materi program linier di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 9. pp. 1127-1138. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (259kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan dan wawancara, ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik di SMK Negeri Hulu Gurung masih belum mencapai tingkat optimal, terutama dalam memahami materi program linier. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Powtoon untuk materi program linier di SMK Negeri Hulu Gurung dengan mencapai tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dan instrumen penelitian meliputi lembar validasi, angket (kuisioner), dan tes. Hasil penelitian terkait kepraktisan menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat baik, dengan nilai kevalidan media sebesar 90% dan kevalidan materi sebesar 92,08%. Kemudian, tingkat kepraktisan mencapai standar yang sangat praktis, seperti yang tercermin dari hasil tanggapan peserta didik sebesar 92,66% dan tanggapan guru sebesar 80% dalam angket, yang memenuhi kriteria efektivitas. Evaluasi tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik adalah 75,6%, sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan oleh sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran powtoon, Teknologi pendidikan, Media interaktif, Pembelajaran digital |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 20 Oct 2024 03:22 |
Last Modified: | 20 Oct 2024 03:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/49004 |