Perbedaan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TSTS dan TPS

Ana, Risqa JL and Rizki, Wahyu Yunian Putra and Wiwid, Afma Indriani (2024) Perbedaan hasil kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran TSTS dan TPS. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 8. pp. 1119-1126. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-8.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (257kB)

Abstract

Tujuan penelitian membuktikan apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan (TSTS) dan (TPS). The post-test only control group desain kuasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Populasi kelas XI SMA SWADHIPA NATAR. Sampel 90 siswa diambil menggunakan system cluster random sampling sebayak 30 siswa XI IPA 1 menggunakan TSTS, 30 siswa XI IPA 2 TPS, 30 siswa XI IPA 3 menggunakan ekspasitori. Uji ANOVA digunakan untuk menganalisis data. Kesimpulan penelitian (1) adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran TSTS dan Ekspositori. Model pembelajaran TSTS menunjukkan hasil yang lebih baik daripada Ekspositori. (2) Tidak ada perbedaan pengaruh TPS dan Ekspositori. TPS memiliki efek setara dengan Ekspositori. (3) Dampak TSTS berbeda dengan TPS. TPS menunjukkan hasil lebih rendah dibandingkan TSTS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis, Two Stay Two Stray (TSTS), Think Pair Share (TPS), Program linear, Model pembelajaran, Pendidikan matematika, Kompetensi siswa
Subjects: Communication
Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 03:20
Last Modified: 20 Oct 2024 03:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49003

Actions (login required)

View Item
View Item