Efektivitas pendekatan RME terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VII

Ahmad, Zaki and Iskandar, Zulkarnain and Taufiq, Hidayanto (2024) Efektivitas pendekatan RME terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 6. pp. 1097-1108. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-6.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (391kB)

Abstract

Hasil penelitian PISA 2018 memperlihatkan bahwa siswa Indonesia memiliki literasi matematika yang rendah. Literasi matematika yang rendah tersebut tentunya dapat menimbulkan masalah di masa depan, terutama ketika siswa dihadapkan pada penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Sangat penting bagi para pengajar untuk menggunakan strategi pembelajaran yang efektif agar meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education; (2) mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial, dan gain ternormalisasi (N-gain). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematika siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “tinggi”, sedangkan kemampuan literasi matematika siswa di kelas kontrol secara keseluruhan memiliki rata-rata dengan kategori “sedang”, selain itu terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan uji n-gain pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori “efektif” sedangkan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional berada pada kategori “kurang efektif” sehingga dapat dinyatakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Realistic mathematics education, Kemampuan literasi matematika, Siswa kelas VII, Pengembangan modul ajar, Pendidikan, Kurikulum
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 20 Oct 2024 02:59
Last Modified: 20 Oct 2024 02:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/49001

Actions (login required)

View Item
View Item