Cashia, Anastasya and Heni, Pujiastuti and Yani, Setiani (2024) Kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 4. pp. 1075-1086. ISSN 2684-7981
2684-7981_6_1_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (275kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa SMP yang ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cikupa. Subjek penelitian ini terdiri dari 12 siswa kelas 8A SMP Negeri 2 Cikupa.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes literasi matematis, dan wawancara. Siswa menjawab serangkaian soal yang diberikan oleh peneliti. Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan literasi matematis, Sedangkan angket dilakukan untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan semua gaya belajar dengan literasi sangat baik masing-masing dapat menyelesaikan 2 soal – 3 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Kemudian siswa dengan semua gaya belajar dengan literasi baik masing-masing dapat menyelesaikan 1 soal – 2 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Siswa dengan gaya belajar Divergen, assimilating , Converging dengan literasi kurang baik masing-masing dapat menyelesaikan 1 soal yang disajikan dengan benar serta mampu mencapai indikator proses. Sedangkan siswa dengan gaya belajar accomodating dengan literasi kurang baik tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang disajikan, di mana indikator proses yang digunakan telah mencakup proses matematis dan kemampuan dasar matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi matematis, Gaya belajar, David Kolb, SPLDV, Pendidikan matematika, Siswa SMP, Penelitian kualitatif |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:32 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48999 |