Roni, Agus Subagyo and Ummie, Masruroh and Intan, Kumala Dewi and Minsih, Minsih and Emawati, Emawati (2024) Optimalisasi pembelajaran matematika untuk siswa autis di lingkungan sekolah dasar negeri. Jurnal Guru Sekolah Dasar (JGSD), 1 (2): 4. pp. 26-33. ISSN 3063-0169
3063-0169_1_2_2024-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (656kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mndeskripsikan optimalisasi pembelajaran matematika untuk siswa autis di sekolah dasar negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SDN 01 Bolong Karanganyar dengan subjek penelitian terdiri dari 1 siswa autis yang berada di kelas 4, Guru kelas 4, serta 1 orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan analisis dokumen. Data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan analisis dokumen dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang disesuaikan dengan kebutuhan anak autis dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memahami konsep-konsep dasar matematika. Pendekatan yang inklusif, penggunaan berbagai strategi pembelajaran, serta peran aktif orang tua dan guru sangat penting dalam mendukung keberhasilan pembelajaran anak autis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran matematika, Siswa autis, Sekolah dasar negeri, Statistics education, Autistic children, Elementary schools |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Rizki Ismail Hidayat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:07 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48961 |