Pengembangan modul ajar matematika berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah

Khairunnisa, Khairunnisa and Jamilah, Jamilah and Dewi, Risalah (2024) Pengembangan modul ajar matematika berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 6 (1): 2. pp. 1053-1064. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_6_1_2024-2.pdf] Text
2684-7981_6_1_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model penelitian adalah bentuk ADDIE meliputi tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Negeri Ketapang dengan subjek penelitian terdiri dari ahli atau validator, guru, dan siswa kelas VIII berjumlah 20 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul ajar materi SPLDV berbasis model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil pengembangan, penelitian, dan pembahasan terhadap modul ajar materi SPLDV berbasis model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas VIII SMP Negeri Ketapang layak digunakan sebagai bahan ajar. Pengembangan modul ajar mencapai Tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid dengan kevalidan media 85,13% dan materi 87,69%, Tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis ditunjukkan dengan angket respon siswa yang mencapai nilai 82 % dan angket respon guru 86%, serta Tingkat keefektifan dengan kriteria efektif berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah. Hasil tes menunjukkan rata-rata siswa mendapatkan nilai 79,87.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul ajar, Model pembelajaran PBL, Kemampuan pemecahan masalah, Problem Based Learning (PBL), Pembelajaran matematika, Metode pengajaran,
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:26
Last Modified: 18 Oct 2024 07:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48957

Actions (login required)

View Item
View Item