Meilisa, Qomariah (2023) Pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan multi representasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 18. pp. 775-786. ISSN 2684-7981
2684-7981_5_1_2023-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (302kB)
Abstract
Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Populasi pada penelitian ini semua kelas IX di SMP Negeri 8 Singkawang yang berjumlah 120 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, kelas IXA sebagai kelas eksperimen dan IXB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dengan menghitung skor rata-rata aktivitas belajar dan skor minat belajar, kemudian di uji Independent Sample T-Test dan uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil dan , itu artinya maka terdapat perbedaan kemampuan multi representasi siswa antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan multi representasi siswa di kelas IXA pada materi tabung dan kerucut 2) Hasil perhitungan Effect Size = 1,65 dengan kriteria Sangat Besar yaitu 1,57. Ini berarti model pembelajaran CIRC berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan multi representasi siswa, 3) Aktivitas siswa dari dua kali pertemuan memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,25, maka aktivitas belajar siswa tergolong tinggi dengan menggunakan model pembelajaran CIRC, 4) Jumlah skor angket minat siswa kelas eksperimen sebesar 1222 dengan rata-rata per siswa 47. Disimpulkan minat belajar siswa tergolong tinggi setelah diterapkannya model pembelajaran CIRC.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC), Kemampuan multi representasi, Aktivitas, Minat, Model pembelajaran, Pendidikan, Kompetensi siswa |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:04 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48952 |