Sekar, Auralia Solihin and Heni, Pujiastuti (2023) Etnomatematika: Eksplorasi batik Pandeglang ditinjau dari konsep matematika geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 17. pp. 765-774. ISSN 2684-7981
2684-7981_5_1_2023-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (429kB)
Abstract
Mengembangkan nilai-nilai budaya dalam pendidikan, salah satunya pembelajaran matematika melalui batik Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Dalam penelitian ini diperoleh bahwa setiap motif pada batik Pandeglang memiliki aspek matematika di antaranya meliputi aspek matematika pada menara air yaitu tabung, lingkaran, dan persegi panjang. Kemudian pada bedug yaitu tabung dan lingkaran. Selanjutnya tari rampak bedug yaitu fungsi, bilangan genap, dan kerucut. Dan yang terakhir yaitu pada tumpal yang memiliki aspek matematika berupa lingkaran, translasi, dan garis. Pada batik Pandeglang terdapat konsep matematis pada motifnya sehingga dapat diterapkan ke dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Batik, Pandeglang, Konsep matematika, Geometri, Pendidikan budaya, Pembelajaran matematika, Aspek matematika |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 07:00 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 07:00 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48951 |