Junandi, Fahri and Vidya, Setyaningrum (2023) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik materi volume bangun ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 15. pp. 743-754. ISSN 2684-7981
2684-7981_5_1_2023-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (326kB)
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh SDM pada abad ke-21. Tidak terkecuali oleh peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi volume bangun ruang di kelas VI SDN 34 Pontianak Kota. Subjek di dalam penelitian berjumlah 94 peserta didik diambil dari tiga kelas yaitu kelas VI A, VI B dan VI D. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari instrumen penelitian berupa soal HOTS berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 98,2% peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang tergolong rendah dan 2,2% peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang tergolong sedang. Rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor serta kendala yang dialami oleh peserta didik ketika mengerjakan soal. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah kurangnya motivasi peserta didik untuk menjawab soal yang diberikan serta kurangnya latihan dalam mengerjakan soal HOTS dalam bentuk soal cerita. Selain itu, kendala yang ditemukan ketika peserta didik mengerjakan soal adalah kurang memahami soal dengan benar sehingga berdampak kepada salahnya penghitungan dan penentuan rumus yang digunakan ketika menjawab soal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir tingkat tinggi, Pemecahan masalah, Volume bangun ruang, Pendidikan dasar, Pembelajaran matematika, Analisis deskriptif kuantitatif |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 06:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 06:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48930 |