Desain media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran matematika SMP

Denok, Julianingsih and Evi, Widayanti and Anggraini, Putri Mahardita (2023) Desain media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 13. pp. 725-736. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_5_1_2023-13.pdf] Text
2684-7981_5_1_2023-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (492kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata pelajaran matematika SMP. Materi yang digunakan adalah materi di kelas VII, VIII, dan kelas IX. Produk pengembangan dikatakan valid jika adanya penilaian dari validator yaitu ahli media dan ahli materi. Dikatakan Praktis jika produk yang dikembangkan dapat dengan mudah digunakan oleh guru dan siswa di lapangan dan mendapatkan nilai kepraktisan media yang baik oleh siswa. Sedangkan efektif ditunjukkan dengan adanya hasil belajar siswa yang baik dan respon siswa selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran matematika berbasis android juga baik. Selain itu produk pengembangan ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif bagi peserta didik dalam memahami konsep-konsep matematika dan dapat digunakan untuk belajar mandiri, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan model Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahapan yaitu analisis kebutuhan (need assess), desain (design) dan pengembangan dan implementasi (development/implementation). Pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan sampai pada tahap pengembangan yaitu sampai pada tahap uji validitas dan kepraktisan media pembelajaran mobile learning. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh dua orang validator didapatkan prosentase kelayakan untuk aspek materi sebesar 82,5% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk aspek penyajian sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas pada kelompok kecil yaitu sebanyak 5 orang siswa yang heterogen didapatkan hasil sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Artinya media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran matematika SMP dapat diimplementasikan pada pengguna sebagai media memudahkan siswa untuk belajar kapan dan dimana saja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Mobile learning, Smartphone, Android, Matematika, Mobile learning, Educational media, Mathematics education
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:48
Last Modified: 18 Oct 2024 06:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48927

Actions (login required)

View Item
View Item