Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP ditinjau dari perbedaan gender

Uswatun, Hasanah and Heni, Pujiastuti (2023) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 12. pp. 715-724. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_5_1_2023-12.pdf] Text
2684-7981_5_1_2023-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmatika sosial ditinjau dari perbedaan gender. Indikator penalaran yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis; (2) mengajukan hipotesis; (3) melakukan manipulasi matematis; (4) menyusun bukti (5) menarik kesimpulan; (6) memeriksa kesahihan dan (7) menemukan pola atau sifat fenomena matematika untuk membuat generalisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif dimana subjeknya adalah siswa kelas VIIIG SMPN 10 Kota Serang yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIIIG SMPN 10 Kota Serang pada materi aritmetika sosial masih tergolong rendah. Berdasarkan jenis kelamin, Berdasarkan jenis kelamin, siswa laki-laki terdapat 23,08% dan siswa perempuan terdapat 41,67% yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang. Kemudian, siswa laki-laki terdapat 76,92% dan siswa perempuan terdapat 58,33% yang kemampuan penalaran matematis rendah. Berdasarkan hal tersebut, siswa perempuan unggul dibandingkan siswa laki-laki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan penalaran matematis, Aritmetika sosial, Gender, Pendidikan matematika, Perbedaan gender, Psikologi pendidikan
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:44
Last Modified: 18 Oct 2024 06:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48926

Actions (login required)

View Item
View Item