Aplikasi Koca-math bermuatan Emotion Quotient terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi SPLDV

Kukuh, Suhariati Ningsih and Reni, Astuti and Wandra, Irvandi (2023) Aplikasi Koca-math bermuatan Emotion Quotient terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi SPLDV. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1): 10. pp. 695-704. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_5_1_2023-10.pdf] Text
2684-7981_5_1_2023-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran aplikasi KOCA-Math Bermuatan Emotion Quotient Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 2 Nanga Pinoh. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Hasil penelitian terkait dengan kevalidan setelah dihitung mencapai kategori sangat valid dengan nilai kevalidan media sebesar 87,58% dan nilai kevalidan materi sebesar 87,04%, kemudian tingkat kepraktisan mencapai kriteria sangat praktis dengan hasil angket respon siswa mencapai nilai sebesar 94,47% dan angket respon guru mencapai nilai sebesar 89,6% dengan kriteria sangat efektif. Hasil tes menunjukan rata-rata siswa mendapatkan nilai 87,5% berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran aplikasi KOCA-Math ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kriris siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: SPLDV, Aplikasi KOCA-Math, Emotion Quotient, Kemampuan berpikir kritis, Pendekatan kognitif, Pendidikan matematika
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:37
Last Modified: 18 Oct 2024 06:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48831

Actions (login required)

View Item
View Item