Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar matematika pada masa covid

Nurhasanah, Nurhasanah and Mita, Permatasari and Marwati, Abd. Malik (2023) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar matematika pada masa covid. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1): 6. pp. 653-662. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_5_1_2023-6.pdf] Text
2684-7981_5_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (254kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang membuat siswa belajar di rumah dengan metode daring yang enggan membuat siswa menyelesaikan tugas dan hanya menunggu kiriman jawaban dari teman-temannya, sehingga membuat siswa tidak berminat dalam belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar matematika Pada masa pandemi covid-19 siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Jenis penelitian adalah Ex-Post Facto. Seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare menjadi populasi penelitian, dengan jumlah 5 kelas. Sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian kelas VIII.5 berjumlah 35 siswa. Lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Diperoleh skor rata-rata hasil angket intensitas penggunaan gadget sebesar 74,14 sedangkan skor rata-rata hasil angket minat belajar matematika yaitu 79,09. Analisis infrerensial menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan nilai probabilitas = 0,00 kurang dari

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget, Minat belajar matematika, Pembelajaran jarak jauh, Pendidikan selama pandemi, COVID-19
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:54
Last Modified: 18 Oct 2024 03:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48827

Actions (login required)

View Item
View Item