Nurhasanah, Nurhasanah and Mita, Permatasari and Marwati, Abd. Malik (2023) Pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar matematika pada masa covid. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1): 6. pp. 653-662. ISSN 2684-7981
2684-7981_5_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (254kB)
Abstract
Pandemi Covid-19 yang membuat siswa belajar di rumah dengan metode daring yang enggan membuat siswa menyelesaikan tugas dan hanya menunggu kiriman jawaban dari teman-temannya, sehingga membuat siswa tidak berminat dalam belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif intensitas penggunaan gadget terhadap minat belajar matematika Pada masa pandemi covid-19 siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Jenis penelitian adalah Ex-Post Facto. Seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare menjadi populasi penelitian, dengan jumlah 5 kelas. Sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh sampel penelitian kelas VIII.5 berjumlah 35 siswa. Lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Diperoleh skor rata-rata hasil angket intensitas penggunaan gadget sebesar 74,14 sedangkan skor rata-rata hasil angket minat belajar matematika yaitu 79,09. Analisis infrerensial menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan nilai probabilitas = 0,00 kurang dari
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan gadget, Minat belajar matematika, Pembelajaran jarak jauh, Pendidikan selama pandemi, COVID-19 |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 03:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 03:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48827 |