Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman

Vivi, Kinanti and Endah, Wulantina (2023) Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1): 4. pp. 635-644. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_5_1_2023-4.pdf] Text
2684-7981_5_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kemenarikan, dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan terhadap 31 orang peserta didik kelas X.5 di MAN 1 Lampung Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh persentase rata-rata 80% dengan kriteria valid, penilaian ahli media memperoleh persentase rata-rata 84,73% dengan kriteria sangat valid, serta penilaian ahli agama Islam memperoleh persentase rata-rata 91,81% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata 83% dengan kriteria menarik dan tes hasil belajar peserta didik memperoleh persentase ketuntasan belajar 77,41% dengan kriteria baik sehingga modul dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning terintegrasi nilai-nilai keislaman yang dikembangkan ini valid, menarik, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Modul pembelajaran matematika, Nilai-nilai keislaman, Metode pembelajaran, pembelajaran aktif, Inovasi pendidikan
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:31
Last Modified: 18 Oct 2024 03:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48825

Actions (login required)

View Item
View Item