Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika berdasarkan prosedur Newman

Nurhayati, Nurhayati and Pratiwi, Dwi Warih Sitaresmi (2023) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika berdasarkan prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 5 (1): 1. pp. 601-610. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_5_1_2023-1.pdf] Text
2684-7981_5_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif Kualitatif yang memiliki tujuan untuk menganalisis kekeliruan siswa dalam mengerjakan soal cerita aritmetika sosial. Penelitian ini penting untuk dilaksanakan guna dapat membantu menemukan solusi agar bisa meminimalkan adanya kekeliruan yang siswa lakukan saat menyelesaikan soal atau bahkan suatu permasalahan. Subjek penelitian ini ialah 12 orang siswa kelas VIII MTSS Darul Ulum Bantaran. Tes tulis yang memuat 10 soal diberikan kepada siswa guna dijadikan bahan analisis kesalahan tersebut dan wawancara terhadap 5 subjek yang melakukan banyak kesalahan. Riset dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2022/ 2023. Tahapan analisis yang digunakan yakni tahapan analisis kesalahan bagi Newman. Bersumber pada analisis informasi diperoleh persentase kesalahan membaca 11, 6%, kesalahan menguasai permasalahan 35, 6%, kesalahan dalam mentransformasikan permasalahan 39, 8%, kesalahan dalam keahlian proses 44, 9%, serta kesalahan penyusunan jawaban akhir 45, 7%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, Aritmetika sosial, Deskriptif kualitatif, Pembelajaran matematika, Prosedur Newman, Metode pengajaran
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 03:08
Last Modified: 18 Oct 2024 03:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48822

Actions (login required)

View Item
View Item