Hidayu, Sulisti and Ali, Hasmy and Yumi, Sarassanti (2022) Kemampuan komunikasi matematis santri Pondok Pesantren Assalam Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 14. pp. 591-600. ISSN 2684-7981
2684-7981_4_2_2022-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (257kB)
Abstract
Pembelajaran matematika mempunyai fungsi sebagai sarana guna mengembangkan kemampuan komunikasi, berpikir kreatif, kritis, dan logis yang dibutuhkan peserta didik menghadapi kemajuan dalam kehidupan. Tidak hanya bagi peserta didik di sekolah umum, tetapi para santri di pondok pesantren. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa matematika yang dipelajari di sekolah bukan diperoleh melalui tahap eksplorasi matematika, tetapi sekedar mendengarkan penjelasan oleh guru di kelas. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan komunikasi matematis santri pondok pesantren assalam pontianak pada materi bilangan bulat. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes tertulis serta wawancara. Subjek penelitiani yaitu 20 santri kelas VII di SMP Pesantren Assalam. Indikator yang digunakan yaitu (1) Menulis: mampu untuk menjabarkan ide serta gagasan menggunakan bahasa sendiri, (2) Menggambar: menjabarkan ide dan gagasan melalui gambar, grafik ataupun tabel, (3) Ekspresi matematika: mampu untuk membuat model matematika dari masalah matematika yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis, didapat kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam materi bilangan bulat tergolong dalam kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil sintesisjawaban peserta didik dengan masing-masing persentase sebesar 64%, 68%, dan 50%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi matematis, Bilangan bulat, Santri, Pendidikan matematika, Kemampuan kognitif, Analisis pendidikan |
Subjects: | Communication > Communication & Information Theory Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 03:03 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 03:03 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48713 |