Buyung, Buyung and Rosmaiyadi, Rosmaiyadi and Puspawati, Puspawati (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi himpunan kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 13. pp. 575-590. ISSN 2684-7981
2684-7981_4_2_2022-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (416kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari motivasi belajar serta mengetahui faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah kemampuan komunikasi matematis pada materi Himpunan kelas VII Mts Negeri 1 Singkawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa di kelas VII A Mts Negeri 1 Singkawang. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk tes uraian (essay) yang disesuaikan dengan komponen kemampuan komunikasi matematis dan lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah penskoran, pendeskripsian data, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi pada materi Himpunan secara keseluruhan berada pada kategori kemampuan komunikasi matematis tinggi. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki motivasi belajar sedang pada materi Himpunan berada pada kategori kemampuan komunikasi matematis sedang. Dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada materi Himpunan secara keseluruhan berada pada kategori kemampuan komunikasi matematis rendah. 2) Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa bermotivasi tingi,sedang dan rendah sama dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari motivasi belajar yaitu faktor internal dari dalam diri siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, Motivasi belajar, Himpunan, Pembelajaran matematika, Teori pendidikan, Evaluasi pembelajaran |
Subjects: | Communication > Communication & Information Theory Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:55 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:55 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48710 |