Beni, Setiawan and Atrina, Luti and Tetrosa, Delila Pentaugus (2022) Analisis kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 11. pp. 559-566. ISSN 2684-7981
2684-7981_4_2_2022-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (280kB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam penalaran matematis pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas XI IIS Sma Joseph Khatulistiwa. Dari hasil yang sudah diamati oleh peneliti salah satu penyebabnya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal tes uraian yaitu kurangnya penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penalaran matematis siswa dalam mengerjakan soal matematika, untuk menjelaskan hambatan-hambatan penalaran matematis siswa dan untuk mengatasi faktor penghambat penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 9 siswa SMA Joseph Khatulistiwa kelas XI IPS. Insterumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian sebanyak 3 soal. Indikator tes penelitian ini menggunakan pedoman kesalahan Newman pada penalaran matematis yaitu: (a) menarik sebuah kesimpulan, (b) menentukan pola. Hasil tes menunjukan Kemampuan penalaran matematis siswa SMA Joseph Khatulistiwa pada materi barisan dan deret aritmatika termasuk dalam kategori rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan penalaran matematis, Barisan dan deret aritmatika, Pendidikan matematika, Kemampuan kognitif, Pemecahan masalah |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:47 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48704 |