Heterogenitas pengaruh problem based learning: Meta-Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS)

Ahmad Supendi, Supendi (2022) Heterogenitas pengaruh problem based learning: Meta-Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 10. pp. 551-558. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_4_2_2022-10.pdf] Text
2684-7981_4_2_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (301kB)

Abstract

Pada abad ke-21, pembelajaran di Indonesia lebih menekankan pada high order thinking skills (HOTS) siswa. Dengan demikian, penelitian tentang HOTS banyak dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan pembelajaran Problem BasedLearning berbasis HOTS. Namun, beberapa laporan menunjukkan hasil yang tidak konsisten mengenai pengaruh penggunaan pembelajaran Problem BasedLearning terhadap HOTS siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi penerapan pembelajaran Problem BasedLearning terhadap HOTS siswa dari pembelajaran sebelumnya. Selain itu, penelitian ini mengkaji karakteristik tingkat pendidikan dan model pembelajaran yang dapat mempengaruhi data effect size yang heterogen. 6 penelitian utama yang relevan diterbitkan dalam jurnal atau prosiding nasional atau internasional dan dianalisis menggunakan meta-analisis. Perangkat lunak meta-analisis komprehensif (CMA) digunakan sebagai alat analisis dengan formula nilai hedge’s nilai untuk menentukan ukuran efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem BasedLearning terhadap HOTS sangat berpengaruh dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan tingkat pendidikan dan model pembelajaran Problem Based Learning tidak signifikan menyebabkan effect size menjadi heterogen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan solusi dalam pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan HOTS siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, Higher order thinking skill, Meta-Analysis, Cognitive development, Critical thinking, Educational methodology
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:40
Last Modified: 18 Oct 2024 02:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48702

Actions (login required)

View Item
View Item