Ahmad Supendi, Supendi (2022) Heterogenitas pengaruh problem based learning: Meta-Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 10. pp. 551-558. ISSN 2684-7981
2684-7981_4_2_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (301kB)
Abstract
Pada abad ke-21, pembelajaran di Indonesia lebih menekankan pada high order thinking skills (HOTS) siswa. Dengan demikian, penelitian tentang HOTS banyak dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan pembelajaran Problem BasedLearning berbasis HOTS. Namun, beberapa laporan menunjukkan hasil yang tidak konsisten mengenai pengaruh penggunaan pembelajaran Problem BasedLearning terhadap HOTS siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi penerapan pembelajaran Problem BasedLearning terhadap HOTS siswa dari pembelajaran sebelumnya. Selain itu, penelitian ini mengkaji karakteristik tingkat pendidikan dan model pembelajaran yang dapat mempengaruhi data effect size yang heterogen. 6 penelitian utama yang relevan diterbitkan dalam jurnal atau prosiding nasional atau internasional dan dianalisis menggunakan meta-analisis. Perangkat lunak meta-analisis komprehensif (CMA) digunakan sebagai alat analisis dengan formula nilai hedge’s nilai untuk menentukan ukuran efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem BasedLearning terhadap HOTS sangat berpengaruh dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan tingkat pendidikan dan model pembelajaran Problem Based Learning tidak signifikan menyebabkan effect size menjadi heterogen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan solusi dalam pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan HOTS siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based learning, Higher order thinking skill, Meta-Analysis, Cognitive development, Critical thinking, Educational methodology |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:40 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48702 |