Rissa, Azizah (2022) Project based learning dalam pembelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (2): 9. pp. 539-550. ISSN 2684-7981
2684-7981_4_2_2022-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (203kB)
Abstract
Problem Based Learning (PjBL) adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa yang digunakan untuk mengembangkan pembelajaran aktif dan mendalam dengan melibatkan siswa dalam menyelidiki masalah dunia nyata dalam lingkungan kolaboratif. Penulisan artikel ini menggunakan metode kajian pustaka dari 19 artikel dan jurnal terbitan sepuluh tahun terakhir. Pada makalah ini akan membahas bagaimana PjBL diimplementasikan. Secara literature review, makalah ini juga membahas karakteristik PjBL, penerapan PjBL, keuntungan dan tantangan PjBL, petunjuk teknis pelaksanaan PjBL. Dalam pandanga siswa, PjBL memberikan wawasan bermanfaat ke dalam proses penilaian, kerja lapangan dan latihan kelompok, memotivasi siswa dan membuat materi pelajaran lebih menarik. Pada perspektif guru yang menjadi tantangan dalam mengimplementasikan PjBL adalah masalah beban kerja, pengetahuan guru terhadap konten materi, kurangnya pengalaman guru dan siswa, dan kebutuhan untuk mengembangkan materi untuk pembelajaran di luar kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Leraning (PjBL), Metode pembelajaran, Pendidikan, Pembelajaran matematika |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:12 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:12 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48699 |