Vorry, Navyola and Pinta, Deniyanti Sampoerno and Flavia, Aurelia Hidajat (2022) Literature review: Self regulated learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 5. pp. 497-506. ISSN 2684-7981
2684-7981_4_2_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (151kB)
Abstract
Self Regulated Learning merupakan faktor dari dalam diri yang dimiliki oleh pembelajar baik guru maupun siswa dalam rangka mencapai tujuan peningkatan belajar maupun mengajar. Kemampuan yang dapat diperoleh dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir dan bertindak secara mandiri berdasarkan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, serta kemampuan memecahkan masalah dalam berbagai situasi. Artikel ini bertujuan untuk mendefinisikan dan menjelaskan tentang Kemandirian belajar atau Self Regulated Learning dalam pembelajaran matematika. Penulisan artikel menggunakan metode literature review atau kajian pustaka dari 21 artikel atau jurnal, dan dokumen lain yang berkaitan dengan topik pembahasan. Hasil kajiannya mendapati bahwa, pengembangan Self Regulated Learning sangat diperlukan oleh individu dalam belajar matematika. Kebiasaan belajar mandiri akan dapat menumbuhkan kemandirian siswa dalam belajar dan siswa juga dapat belajar secara efektif dan efisien dengan mengacu pada tujuan yang diharapkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian belajar, Pembelajaran matematika, Self-regulated learning (SRL), Strategi Pembelajaran, Kemampuan kognitif |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48687 |