Naili, Luma’ati Noor and Lutvi, Rahmawati (2022) Systematic literatur review: Kemampuan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 2. pp. 467-476. ISSN 2684-7981
2684-7981_4_2_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (360kB)
Abstract
Penelitian ini mendiskripsikan kemampuan matematika yang meliputi tiga macam yaitu kemampuan pemecahan masalah, kemampuan koneksi matematika, dan kemampuan komunikasi matematika. Dalam matematika terdapat suatu permasalahan yang harus diselesaiakan oleh peserta didik dengan menggunakan berbagai penjelasan menurut ahli, salah satunya adalah Polya yang menjelaskan langkah-langkah pemecahan masalah. Selain itu juga terdapat koneksi matematika yang menghubungkan antar konsep matematika. Serta ada komunikasi matematika yaitu meyampaiakan materi dengan bahasa atau komunikasi yang mudah dipahami oleh peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengumpulkan review semua artikel lebih dari enam belas artikel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah artikel yang diperoleh melalui google scholar. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan belajar matematika dapat dijelaskan melalui beberapa indikator pada setiap macamnya oleh beberapa ahli.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, Kemampuan koneksi matematika, Kemampuan komunikasi matematika, Mathematics education, Cognitive skills, Systematic literature review |
Subjects: | Communication > Communication & Information Theory Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | Hestianna Nurcahyani |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 08:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 08:27 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/48641 |