Pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa

Imas, Romlah and Wardanirahayu, Wardanirahayu and Meiliasari, Meiliasari (2022) Pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (J-PiMat), 4 (2): 1. pp. 455-468. ISSN 2684-7981

[thumbnail of 2684-7981_4_2_2022-1.pdf] Text
2684-7981_4_2_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) memiliki peranan penting, yang bertujuan untuk mendorong siswa agar mampu memandang setiap permasalahan yang dihadapi secara kritis dan mencoba mencari penyelesaiannya secara kreatif, sehingga bermanfaat bagi kehidupan. Mengembangkan kemampuan HOTS juga merupakan salah satu implementasi dari Kurikulum 2013. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan agar proses pembelajaran dapat mencapai tujuan pendidikan. Akan tetapi, mengembangkan HOTS pada siswa bukan hal mudah untuk dilakukan. Sehingga, perlu adanya perencanaan pembelajaran yang relevan dan mampu mengembangkan serta meningkatkan HOTS siswa. Hal ini dapat dilakukan, salah satunya dengan memilih atau menentukan pendekatan yang tepat, sebuah pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan HOTS siswa. PendekatanMatematika Realistic ( RME) mampu meningkatkan HOTS siswa karena pendekatan ini berorientasi pada konteks kehidupan nyata serta dalam pembelajarannya berkaitan dengan pemecahan masalah. Dimana kemampuan tersebut merupakan bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi.Penelitian literasi ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan HOTS siswa dengan menggunakan pendekatan RME dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur. Penelitian ini mengkaji berbagai artikel, jurnal 10 tahun terakhir dan sumber lain terkait pendekatan RME dapat meningkatkan HOTS siswa. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan RME mampu meningkatkan HOTS siswa. Meskipun begitu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seperti penentuan konteks bahan ajar, alokasi waktu, dan karakteristik siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Studi literatur, RME, dan HOTS, Pendidikan matematika, Berpikir kritis, Metode pembelajaran
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Hestianna Nurcahyani
Date Deposited: 17 Oct 2024 08:23
Last Modified: 17 Oct 2024 08:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/48640

Actions (login required)

View Item
View Item