Aghni, Ihtiara and Indah, Wahyuni (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik matematika berbasis scientific learning dengan upaya meningkatkan kemampuan matematis siswa SMA pada materi SPLTV. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1 (1): 3. pp. 22-29. ISSN 2988-7976
2988-7976_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (577kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis scientific learning dengan upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV X SMA dengan memenuhi kriteria yang praktis serta efektif digunakan. Penelitian ini dilakukan karena adanya perubahan kurikulum yang terjadi di Indonesia, yaitu yang awalnya menggunakan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 (K-2013/ Kurtilas). Kurikulum 2013 menekankan pendekatan saintifik melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan (5M). Berdasarkan hal tersebut, guru kelas harus mengembangkan sendiri sumber belajar yang dapat digunakan siswa untuk membantu mereka mencapai tujuan pembelajarannya dengan mengikuti langkah- langkah dan langkah 5M, salah satunya dapat dikembangkan melalui LKPD berbasis scientific learning ini. Penelitian ini dilakukan dalam proses penelitian dan pengembangan yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Dari beberapa tahapan yang telah dilakukan kepada 30 siswa MAN I Banyuwangi, terbukti bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis scientific learning pada pembelajaran matematika efektif dan menarik untuk dipelajari atau digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan saintifik, SPLTV, Kurikulum, Student activities, Teaching methods, Mathematical ability |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Sri Yuniarti |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:42 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:42 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/37831 |