M.Aditya, Silvatama and Ulfin, Nadiroh Yustika and Dita, Nuriah and Indah, Wahyuni (2023) Analisis kemampuan berpikir lateral siswa berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dalam pemecahan masalah geometri. Indonesian Journal of Science, Technology and Humanities, 1 (1): 1. pp. 1-12. ISSN 2988-7976
2988-7976_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lateral siswa berdasarkan Adversity Quotient (AQ) dalam pemecahan masalah geometri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek terdiri dari 30 siswa kelas XII MIPA 4 di SMAN TAMANAN. Subjek dipilih berdasarkan tipe Adversity Quotient (AQ) yaitu quitters, campers, dan climbers. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui angket Adversity Quotient (AQ), tes kemampuan berpikir lateral, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan siswa dengan Adversity Quotient (AQ) tipe quitters cenderung mudah menyerah dalam menghadapi permaslahan sehingga hanya memenuhi indikator 1. Siswa dengan katagori Adversity Quotient (AQ) campers sudah berhasil menemukan lebih dari dua cara penyelesaian meskipun belum berhasil menyelesaikanya dengan baik sehingga siswa campers hanya memenuhi dua indikator yakni indikator 1 dan 2. Sedangkan siswa dengan katagori climbers memenuhi semua indikator berpikir lateral sebab siswa climbers mampu menyelesaikan soal tes dengan menggunakan lebih dari satu cara dan mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaianya dengan tepat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir lateral, Adversity Quotient (AQ), Geometri, Learning style, Student performance, Creative thinking |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Sri Yuniarti |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 07:19 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 07:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/37804 |