Pengaruh pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD

Auliah, Ul Hassanah and Adeyathul, Fitry (2024) Pengaruh pembelajaran keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra (Jurnal Pembahas), 3 (1): 2. pp. 15-26. ISSN 2809-5367

[thumbnail of 2809-5367_3_1_2024-2.pdf]
Preview
Text
2809-5367_3_1_2024-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD; 2) penguasaan matematika dalam pembelajaran terpadu; 3) pengaruh keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika teradap penguasaan matematika. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Konawe pada semester ganjil tahun pembejaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas VIB yang mengikuti pembelajaran dalam rangka penelitian untuk penulisan artikel ilmiah. Mereka berjumlah 21 siswa. Sampel ditetapkan sebanyak 20 siswa yang dipilih secara random dari anggota populasi. Penetapan ini berdasarkan formula: n = N / [1 + N(e)^2]. Instrumen pembelajaran penelitian ini adalah LKPD yang direproduksi khusus untuk kepentingan penelitian. Isi LKPD terikat dengan penggunaan teknik tugas menyalin dalam pembelajaran terpadu. Data keterampilan membaca teks eksplanasi dikumpulkan menggunakan instrumen tes yang berbentuk pilihan ganda 3 opsi. Data penguasaan matematika dikumpulkan menggunakan tes jawaban singkat secara tertulis. Data keterampilan membaca teks eksplanasi dan data penguasaan matematika dianalisis menggunakan pendekatan statistik inferensial yakni uji t satu sampel. Untuk mencapai tujuan-3 digunakan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika menggunakan teknik tugas menyalin dalam LKPD mencapai mean skor baku 71,33; 2) penguasaan matematika dalam pembelajaran terpadu mencapai mean skor baku 68,67; 3) keterampilan membaca teks eksplanasi tema matematika berpengaruh positif terhadap penguasaan matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca, Teks eksplanasi, Tema matematika, Teknik tugas menyalin, LKPD, Reading skills, Mathematics education, Learning methods, Teaching materials
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Oct 2024 13:01
Last Modified: 26 Oct 2024 13:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/36869

Actions (login required)

View Item
View Item