Riska, Kahaning Sari and Budi, Santosa (2023) Metode peer-assisted learning strategies untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMK. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2): 8. pp. 152-159. ISSN 2503-4723
2503-4723_8_2_2023-8.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Peer-Assisted Learning Strategies (PALS) merupakan metode pembelajaran yang masih jarang diteliti saat ini. Peer-Assisted Learning Strategies (PALS) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas X TJKT 2 SMK Muhammadiyah 5 Jember dan Mengetahui perbedaan penggunaan Peer-Assisted Learning Strategies (PALS) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas X TJKT 2 SMK Muhammadiyah 5 Jember. Metode ini merupakan metode pembelajaran cooperative learning dengan bantuan teman sebaya sebagai tutor. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan proses pembelajaran. Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi : menentukan ide awal gagasan, melakukan pra survei, mendiagnosis, menentukan perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siswa dibentuk beberapa kelompok untuk melaksanakan pembelajaranmetode Peer-Assisted Learning Srategies (PALS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi 2 SMK Muhammadiyah 5 Jember yang berjumlah 24 siswa Tahun Pelajaran 2022/2023 pada semester genap. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ulangan 38% siswa tuntas dan 62% siswa belum tuntas. Setelah dilakukan perlakuan denganmenggunakan metode Peer-Assisted Learning Srategies (PALS) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika meningkat yaitu 75% siswa tuntas dan 25% belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dapat meningkat dengan metode Peer-Assisted Learning Srategies (PALS).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Metode Peer-Assisted Learning Srategies (PALS), Academic achievement, Learning methods, Mathematics education, Vocational education, Vocational school students |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:34 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/35897 |