Hubungan self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa

Alifia, Rahmah and Karunia, Eka Lestari (2023) Hubungan self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2): 7. pp. 143-151. ISSN 2503-4723

[thumbnail of 2503-4723_8_2_2023-7.pdf]
Preview
Text
2503-4723_8_2_2023-7.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai hubungan kemampuan self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas XI di SMAN 1 Telukjambe Timur di Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional melalui pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui instrumen tes berupa soal matematika sebanyak lima butir soal dan instrumen angket yang terdiri atas 18 butir pernyataan. Penelitian tujuan mencari hubungan linier antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif siswa. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,544 yang menujukan keeratan hubungan yang kuat dan mengidentifikasi semakin tinggi self-concept siswa maka semakin tinggi pula kemampuan penalaran adaptif siswa, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Penalaran, Hubungan, Self concept, Mathematics education, Upper secondary education
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:26
Last Modified: 10 Oct 2024 02:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35895

Actions (login required)

View Item
View Item