Implementasi teknologi dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar

Nurul, Azkiya and Nasya, Maharani Azis and Dini, Dini and Ahmad, Yani T and Nadya, Febriani Meldi (2023) Implementasi teknologi dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (2): 3. pp. 94-106. ISSN 2503-4723

[thumbnail of 2503-4723_8_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2503-4723_8_2_2023-3.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tren pembelajaran di era society 5.0 memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran matematika salah satunya dalam membantu meningkatkan kemampuan spasial siswa. Integrasi antara teknologi dan dunia pendidikan saat ini mesti menjadi kompetensi yang perlu dikuasai oleh guru. Namun, faktanya masih banyak guru yang kesulitan menggunakan teknologi untuk membantu dalam proses pembelajaran. Padahal, seorang guru matematika perlu menguasai literasi digital sebagai dasar dari kompetensi pedagogi untuk memberi kemudahan dalam pemahaman pengajaran terlebih dalam materi geometri yang menuntut siswa untuk memiliki kemampuan spasial yang baik. Untuk siswa yang kemampuan abstraksinya rendah akan merasa kurang tertarik dan kesulitan dalam memahami konsep geometri. Hal ini menarik perhatian untuk membuat penelitian terkait implementasi alat peraga atau media pembelajaran yang membantu siswa dalam membayangkan bentuk bangun ruang, salah satunya adalah dengan software atau aplikasi GeoGebra. Artikel ini bertujuan untuk memberikan implementasi teknologi menggunakan GeoGebra pada materi bangun ruang khususnya jaring-jaring bangun ruang sisi datar. Dalam penelitian ini,penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengonstruksikan gambar jaring-jaring bangun ruang sisi datar. Dengan demikian diperolehimplementasi penggunaan website GeoGebra pada materi jaring-jaring bangun ruang sisi datar berbantuan fitur GeoGebra dan fasilitas dragging pada GeoGebra. Penggunaan teknologi seperti GeoGebra dapat membantu guru dalam memberikan ruang belajar yang efektif bagi siswa dan meningkatkan kemampuan spasial siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Pembelajaran matematika, Bangun ruang sisi datar, Geogebra, Mathematics education, Learning methods, Geometry, Compentency based teaching
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Oct 2024 10:01
Last Modified: 13 Oct 2024 10:01
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35889

Actions (login required)

View Item
View Item