Agus, Surya Ananta and Zainal, Azis and Zulfi, Amri (2023) Pengaruh free discovery learning dan collaborative inquiry pada berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (1): 8. pp. 64-73. ISSN 2503-4723
2503-4723_8_1_2023-8.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen dimana kelas eksperimen 1 ialah kelas XI TKJ 1 yang menerapkan model free discovery learning serta kelaseksperimen 2 ialah kelas XI TKJ 2 yang menerapkan model collaborative learning. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui:(1) Ada pengaruh yangsignifikan antara model free discovery learning serta collaborative inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara model free discovery learning serta collaborative inquiry terhadap kemampuan kolaborasi siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Lebih lanjut, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kovarian dengan hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh yang signifikan antara model free discovery learning dengan collaborative inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) ada pengaruh yang signifikan antara model free discovery learning dan collaborative inquiry terhadap kemampuan kolaborasi siswa, (3) ada interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta (4) ada interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan kolaborasi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan kolaborasi siswa, Model free discovery learning, Model collaborative inquiry, Critical thinking, Learning methods, Collaboration, Teaching methods, Mathematics education, Learning models |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 14:33 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 14:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/35886 |