Pengaruh free discovery learning dan collaborative inquiry pada berpikir kritis dan kolaborasi siswa

Agus, Surya Ananta and Zainal, Azis and Zulfi, Amri (2023) Pengaruh free discovery learning dan collaborative inquiry pada berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (1): 8. pp. 64-73. ISSN 2503-4723

[thumbnail of 2503-4723_8_1_2023-8.pdf]
Preview
Text
2503-4723_8_1_2023-8.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen dimana kelas eksperimen 1 ialah kelas XI TKJ 1 yang menerapkan model free discovery learning serta kelaseksperimen 2 ialah kelas XI TKJ 2 yang menerapkan model collaborative learning. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui:(1) Ada pengaruh yangsignifikan antara model free discovery learning serta collaborative inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara model free discovery learning serta collaborative inquiry terhadap kemampuan kolaborasi siswa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (4) interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan kolaborasi siswa. Lebih lanjut, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kovarian dengan hasil sebagai berikut: (1) ada pengaruh yang signifikan antara model free discovery learning dengan collaborative inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) ada pengaruh yang signifikan antara model free discovery learning dan collaborative inquiry terhadap kemampuan kolaborasi siswa, (3) ada interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta (4) ada interaksi antara kemampuan awal matematika serta model pembelajaran terhadap kemampuan kolaborasi siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan kolaborasi siswa, Model free discovery learning, Model collaborative inquiry, Critical thinking, Learning methods, Collaboration, Teaching methods, Mathematics education, Learning models
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 12 Oct 2024 14:33
Last Modified: 12 Oct 2024 14:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35886

Actions (login required)

View Item
View Item