Saidatun, Nisak and Bintang, Zaura and Dewi, Annisa (2023) Pengaruh model pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan komunikasi matematis. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (1): 7. pp. 55-63. ISSN 2503-4723
2503-4723_8_1_2023-7.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui KKM siswa setelah belajar dengan menerapkan model Active Knowledge Sharing dan konvensional di SMPN 1 Montasik Aceh Besar. Metode yang digunakan ialah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui desain pretest-posttest-control-group-design. Seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Montasik Aceh Besar merupakan populasi penelitian dengan sampel dua kelas yang dipilih secara simple random sampling, di mana siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes KKM dengan uji-t sebagai formula analisisnya pada taraf signifikansi 5% setelah persyaratan pengujian terpenuhi. Hasil penelitian diperoleh bahwa KKM siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih baik dari pada yang memperoleh pembelajaran secara konvensional di SMPN 1 Montasik Aceh Besar. Penerapan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran matematika telah terbukti dapat mempengaruhi KKM siswa menjadi lebih baik dan dapat menjadi salah satu acuan tentang praktik baik model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap KKM siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active knowledge sharing, Kemampuan komunikasi matematis, Learning models, Mathematics education, Learning processes |
Subjects: | Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 13:36 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 13:36 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/35885 |