E-modul matematika berbasis kontekstual untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa SMP

Silva, Yuliana Safitri and Supriyono, Supriyono and Erni, Puji Astuti (2023) E-modul matematika berbasis kontekstual untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa SMP. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (1): 6. pp. 47-54. ISSN 2503-4723

[thumbnail of 2503-4723_8_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2503-4723_8_1_2023-6.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan e-modul matematika berbasis kontekstual untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research & Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi penilaian e-modul matematika oleh ahli untuk mengukur validitas, angket respons siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan, dan hasil tes evaluasi untuk mengukur keefektifan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan sebanyak adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Purworejo. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data validitas ahli, analisis data respons siswa dan guru, analisis data ketuntasan tes kemampuan numerasi. Hasil analisis data dari penilaian ahli terhadap e-modul yang dikembangkan sebesar 3,5 dengan kriteria valid, dari analisis data angket respons siswa sebesar 82,88% dan angket respons guru sebesar 75% dengan kriteria positif, dari hasil tes kemampuan numerasi siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 92,31% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul matematika ini dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-modul, Kontekstual, Kemampuan numerasi, Teaching materials, Arithmetic instruction, Secondary education, Mathematics education
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 12 Oct 2024 13:24
Last Modified: 12 Oct 2024 13:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35884

Actions (login required)

View Item
View Item