Penerapan preferensi gaya belajar untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian matriks siswa XI

Novi, Agustiningrum (2023) Penerapan preferensi gaya belajar untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian matriks siswa XI. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (1): 3. pp. 21-29. ISSN 2503-4723

[thumbnail of 2503-4723_8_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2503-4723_8_1_2023-3.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Semua orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Pembelajaran klasikal membuat guru menyamaratakan gaya belajar siswa agar tidak kesulitan dalam membuat banyak perangkat sehingga hasil prestasi siswa yang memiliki gaya belajar berbeda degan waktu guru mengajar di kelas tidak optimal. Peneliti ingin mengadakan penelitian adakah peningkatan hasil belajar jika guru mengadakan pelayanan prima degan membedakan gaya belajar siswa degan cara belajar di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan preferensi gaya belajar untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian matriks pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Lumajang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 sebanyak 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Prosedur yang dilakukan adalah awalnya guru membuat angket yang di dalamnya berisi pertanyaan yang bisa menggolongkan siswa berdasarkan gaya belajarnya. Setelah siswa sudah dibedakan berdasarkan gaya belajarnya, guru membuat 3 perlakuan berbeda waktu menyampaikan materi sesuai degan gaya belajar siswa. Didapatkan kesimpulan bahwa dengan pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada perkalian matriks. Sehingga penerapan preferensi gaya belajar efektif meningkatkan pemahaman konsep perkalian matriks siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Lumajang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar, Pemahaman konsep, Perkalian, Matriks, Learning methods, Teaching methods, Secondary school students, Multiplication
Subjects: Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:51
Last Modified: 29 Oct 2024 06:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/35880

Actions (login required)

View Item
View Item