Nurul, Halima Dwi Putri and Anetha, L. F. Tilaar and Santje, M. Salajang (2022) Implementasi Etnomatematika pada pembelajaran Matematika di SMP Negeri 7 Kotamobagu. JPBB : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1 (4). pp. 40-52. ISSN 2962-0864
2962-0864_1_4_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Abstrak. Matematika sering kali dipandang sebagai ilmu yang deduktif dan tidak terkait dengan aspek sosial. Padahal matematika tumbuh dan berkembang dari praktik sosial budaya yang terjadi di masyarakat. Hal inilah yang menjadi dasar perkembangan konsep etnomatematika. Konsep-konsep etnomatematika pada masyarakat Bolaang Mongondow sangatlah beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Etnomatematika Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 7 Kotamobagu khususnya dalam penggunaan Bahasa daerah dan simbol Kerajinan Kotak Kabela Bolaang Mongondow. Data yang diperoleh berupa data Kualitatif sedangkan sumber diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi dari Informan (guru, siswa dan pengrajin). Instrumen utama adalah peneliti, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan berupa pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa daerah dan simbol kerajinan Kotak Kabela Bolaang Mongondow sangat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 7
Kotamobagu
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Bahasa daerah, Kerajinan kotak kabela, Ethnomathematics, Mathematics education, Secondary education, Teaching materials, Teaching methods |
Subjects: | Mathematical Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
Date Deposited: | 28 Jul 2024 07:04 |
Last Modified: | 28 Jul 2024 07:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/24911 |