Ervi, Nurazizah and Padrul, Jana (2022) Pengembangan LKPD matematika berbasis open ended problem berorientasi literasi numerasi. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (2): 7. pp. 133-142. ISSN 2541-2612
2541-2612_7_2_2022-8.pdf - Published Version
Download (733kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis open ended problem berorientasi pada literasi numerasi siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analysis (Menganalisis), Design (Rancangan Produk), Development (Mengembangkan Produk), Implementation (Mengujicobakan) dan Evaluation (Mengevaluasi). Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas VII G SMP N 3 Jetis. Teknik mengumpulkan data dan informasi melalui angket validitas LKPD, angket respon peserta didik, angket respon guru dan tes open ended problem berorientasi pada literasi numerasi. LKPD yang dikembangkan menunjukkan bahwa: (1) Validitas LKPD sebesar 4,24167 dengan kriteria sangat valid. (2) Praktikalitas LKPD sebesar 4,50556 dengan kriteria sangat praktis. (3) Efektivitas LKPD sebesar 73,33333% dengan kriteria efektif. LKPD matematika berbasis open ended problem berorientasi literasi numerasi pada materi aritmatika sosial untuk kelas VII yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan LKPD, Literasi numerasi, Open ended problem, Numeracy literacy, Teaching materials, Mathematics education |
Subjects: | Mathematical Sciences Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic |
Depositing User: | - mayang - |
Date Deposited: | 17 Apr 2024 02:24 |
Last Modified: | 17 Apr 2024 02:24 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23949 |