Efektivitas reciprocal learning dalam pembelajaran matematika di SMP Darur Rahmah

Abdul Muis and Dimas Anditha Cahyo Sujiwo and Trio Suwargono (2022) Efektivitas reciprocal learning dalam pembelajaran matematika di SMP Darur Rahmah. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7 (2): 7. pp. 124-132. ISSN 2541-2612

[thumbnail of 2541-2612_7_2_2022-7.pdf]
Preview
Text
2541-2612_7_2_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (361kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran Reciprocal learning merupakan salah satu yang digunakan dalam merangsang siswa agar aktif belajar dengan cara terlibat pada aktivitas pembelajaran. Siswa sebaiknya dibiasakan mandiri agar percaya diri dan dapat mengembangkan kemampuannya. Pembelajaran Reciprocal learning dikatakan efektif terhadap pembelajaran matematika materi SPLDV di kelas VIII SMP Darur Rahmah apabila: 1) Hasil belajar siswa menunjukkan 80% siswa secara klasikal tuntas KKM, 2) Aktivitas siswa menunjukkan berada pada minimal kategori baik, 3) respon siswa positif dengan minimal kategori baik. Pengumpulan data berupa pengamatan, angket dan tes tulis. Pengamatan sebagai mengamati aktivitas belajar siswa saat kegiatan pembejaran dengan treatment reciprocal learning. Angket digunakan mengetahui efektivitas pembelajaran reciprocal learning. Tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa selama dua pertemuan dengan penerapan reciprocal learning berada pada kategori baik sekali yaitu 83,75%. Persentase seluruh rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran reciprocal learning sebesar 85,98%. Selanjutnya Melalui penerapan Reciprocal learning hasil belajar siswa meningkat, yaitu terdapat 90,90% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ini reciprocal learning efektif dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Darur Rahmah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Reciprocal learning, Matematika, Effectiveness, Reciprocals, Mathematical learning models (stochastic processes)
Subjects: Mathematical Sciences
Mathematical Sciences > Algebra, Analysis, Geometry, & Mathematical Logic
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:16
Last Modified: 13 Sep 2023 04:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/23946

Actions (login required)

View Item
View Item