Kemas, Moh. Ade Isnaeni and Robi, Cahyadi and Lina, Rianti and Sondi, Haryadi (2022) Evaluasi geometri jalan angkut untuk meningkatkan produktivitas alat angkut overburden di PT. ABC. Jurnal Teknik Patra Akademika, 13 (2): 1. pp. 69-79. ISSN 2089-5925
2089-5925_13_2_2022-1.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
Abstract
Jalan tambang merupakan fasilitas utama kelancaran operasi penambangan terutama dalam kegiatan pengangkutan dari front loading menuju dumping point. Observasi lapangan dilakukan dengan mengamati dan melakukan pengukuran di lapangan secara langsung. Dari hasil evaluasi geometri jalan angkut pada pit charly di bulan Mei 2022. Terdapat 3 segmen pada lajur lurus yang lebar tidak ideal yaitu segmen C-D (9,8 m) , D-E (9,9 m) dan segmen F-G (8,7 m). Grade jalan yang tidak ideal, yaitu segmen A-B (11,40%). Cross slope pada jalan tambang tidak ideal atau tidak terbentuk. Superelevasi pada jalan tambang tidak ideal pada standar superelevasi-nya (4,86%). Perbaikan lebar jalan angkut yang tidak ideal dilakukan dengan cara penimbunan pada pit bekas galian dan penggalian lereng pada segmen (C-D) dan penimbunan untuk pelebaran pada sisi kanan dan kiri pada segmen (F-G). Data cycle time aktual (12,91 menit), dari perhitungan total rimpull didapatkan data cycle time secara teori selama (10,53 menit) dan setelah perbaikan pada geometri jalan selama (10,68 menit) dari perhitungan to1al rimpull. Terdapat peningkatan produktivitas pada alat angkut antara kondisi aktual, yaitu (34.880,88 Bcm/Bulan), kondisi teori yaitu (53.480,1 bcm/Bulan), dan kondisi ideal yaitu (52.692,45 bcm/Bulan), maka produktivitas yang direkomendasikan yaitu dengan kondisi ideal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometri jalan, Cycle time, Produktivitas, Trucking |
Subjects: | Civil Engineering > Highway Engineering Transportation > Road Transportation |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 04:34 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 04:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/23707 |